Gambar Renang Gaya Bebas - Cara dan Pengertiannya

Gambar Renang Gaya Bebas - Cara dan Pengertiannya : Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat dianjurkan dalam kesehatan. Jika olahraga lainnya tidak menaktifkan seluruh anggota tubuh, misalnya sepak bola hanya mengaktifkan kaki, Tenis mengaktifkan tangan dan sebagainya. namun Olahraga renang dapat mengaktifkan hampir seluruh anggota tubuh. oleh karena itulah Olahraga renang sangat dianjurkan.

Dalam Olahraga renang terdapat banyak variasi gerak atau gaya yang dapat dilakukan. dan salah satunya adalah gerakan atau Renang Gaya bebas. Renang Gaya Bebas disebut juga dengan front crawl. Coba anda lihat pada gambar renang gaya bebas dibawah.


Pengertian Renang Gaya bebas adalah : berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah.

Dalam perlombaan-perlombaan renang yang sering diadakan di Indonesia, untuk kategori Renang bebas, para peserta diberi "kebebasan" dalam melakukan gerakan renang apa saja. Tentunya kecuali gerakan-gerakan renang yang sudah baku lainnya seperti renang gaya dada, Renang gaya kupu-kupu dan renang gaya punggung.

Dalam gerakan berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.

Cara Renang Gaya Bebas yang Benar :

a. Posisi Badan : dalam renang gaya bebas, posisi badan harus sejajar dan dapat diposisikan sedatar yang mampu dibuat. posisikan badan agar dapat secara bebas menggerakkan tangan dan kaki.

b. Gerakan tangan pada renang gaya bebas : pada renang gaya bebas, tangan digerakkan untuk menyeimbangkan badan dan fungsi utamanya sebagai penggerak.

c. Gerakan kaki pada renang gaya bebas : pada renang gaya bebas, kaki juga masih difungsinya sebagai pendorong atau penggerak. ia juga berfungsi untuk menyeimbangkan badan (penyeimbang). silahkan lihat pada contoh Gambar renang gaya bebas yang ada.

d. Gerakan-gerakan Renang gaya bebas
Pada praktek renang gaya bebas, gerakannya adalah dimulai dengan peluncuran. dimana perenang meluncurkan diri dengan caranya sendiri kemudian menyeimbangkan badannya menggunakan kaki dan tangan. setelah itu, yang dibutuhkan perenang bebas adalah pengaturan pernafasannya, bagaimana agar dapat diatur sedemikian rupa sehingga ketika kepala berada di dalam air ia tidak kehabisan oksigen. jika itu sudah dapat dikendalikan, maka perenang dapat melakukan gerakan apa saja dalam renang gaya bebas ini.

Gambar-gambar Renang Gaya bebas.




Demikian artikel mengenai cara renang gaya bebas, pengertian renang gaya bebas dan gambar renang gaya bebas kali ini, semoga bermanfaat...

Baca Juga : Rumah Modern Minimalis
banner
Previous Post
Next Post

0 comments:

Give your comment here...